Rabu, 05 Agustus 2009

SS.Lazio dan sejarah











KLUB TERTUA DI KOTA ROMA


SS Lazio memiliki sejarah panjang dan memiliki andil besar memajukan sepakbola Italia.

Profil Singkat

Nama : Societa Sportiva Lazio SpA
Julukan : Biancocelesti (Putih Biru Langit), Aquiloti (Elang Muda), Le Aquile (Si Elang)
Berdiri : 9 Januari 1900
Stadion : Stadio Olimpico, Roma (Kapasitas 72700)
Presiden : Claudio Lotito
Pelatih : Ballardini

Sejarah

Lazio berdiri di awal tahun 1900 di Prati, salah satu distrik kota Roma. Adapun pertama berdiri, Lazio bukan hanya berbentuk sebuah klub sepakbola, melainkan juga mengayomi cabang olahraga lain.

Lazio ambil bagian dalam kompetisi di tahun 1912. Lazio juga menjadi satu-satunya klub besar ibukota Italia yang tidak bersedia bergabung dalam merger yang digagas Benito Mussolini yang akhirnya membentuk klub baru berjuluk AS Roma.

Ikon warna Lazio terkenal dengan warna putih biru langit. Warna ini terinspirasi dari lambang nasional Yunani.

Kostum lazio untuk pertama kalinya terdiri dari tiga warna, yaitu putih, biru langit dan hitam. namun seiring berjalannya waktu warna hitam dihilangkan dan bertahan hingga saat ini.

Logo Lazio berwujud elang, yang merupakan pilihan Luigi Bigiarelli, pendiri Lazio. Diketahui lambang tersebut diambil dari logos pasukan kerajaan Roma yang disebut Aquila.

Prestasi

Sama seperti Roma, prestasi Lazio juga naik turun. Namun prestasi Lazio terlihat mencolok di akhir 90-an dan awal 2000. Di periode ini, Lazio ditangani oleh Sven Goran Eriksson.

Saudara tua AS Roma itu hanya meraih dua titel scudetto, yaitu di musim 1973/74 dan 1999/00, empat tropi Coppa Italia (1958, 1997/98, 1999/00, 2003/04) dan dua titel Piala Super Italia (1998 dan 2000). Lazio juga sempat menjadi kampiun Serie B di musim 1968/1969.

Di kompetisi Internasional, Lazio berhasil memenangi Piala Winners di musim 1998/99 dan Piala Super Eropa di tahun 1999.

Fakta Menarik Lain

- Saat pertama didirikan, Lazio merupakan sebuah klub olahraga dengan menaungi 37 cabang olahraga, terbanyak seantero Eropa saat itu.

- Lazio termasuk sebuah klub yang go public dengan menempatkan sahamnya di Borsa Italiana. Akan tetapi saham terbesar Lazio dipegang oleh Claudio Lotito dengan total 61,312 persen.

Rivalitas

Lazio memiliki rivalitas dengan tim sekota yakni A.S. Roma merda. Lazio dan A.S. ROMA MERDA menjalani partai derby yang disebut dengan derby della capitalle ("derby antara tim ibukota") ATAU SERING KITA SEBUT ( derby neraka ) Pertandingan dengan A.S. Roma dalam Derby Della Capitalle selalu penuh gengsi dan menghadirkan sebuah partai yang seru, untuk membuktikan tim terkuat yang ada di ibukota Italia, Roma.kadang dalam derby itu terjadi kerusuhan besar yang mengakibatkan kedua belah pihak ada yang sampai meningggal..

Selain dengan AS Roma, Lazio memiliki rivalitas dengan klub Italia lainnya, yaitu Livorno yang disebabkan oleh perbedaan pandangan politik dari pendukung dan pemimpin klub masing-masing. Selain itu, Lazio juga memiliki rival lain, yaitu dengan Napoli.

Pendukung Lazio, selain memiliki rival juga memiliki teman dan kedekatan dengan pendukung tim lain, yaitu dengan Inter Milan, Triestina, dan Hellas Verona. Selain memiliki teman dan kedekatan dengan pendukung tim lain di Italia, Lazio juga memilikinya di Eropa, yaitu dengan suporter Real Madrid dan Chelsea

Suporter

Para pendukung utama Lazio banyak yang merupakan penduduk dengan tempat domisili di utara kota Roma. Irriducibili Lazio atau laziale adalah sebuah wadah untuk suporter fanatik dari klub Lazio yang terbesar dan terbanyak anggotanya di Italia.

[/LIST]
Pemain Terkenal

* Alen Boksic
* Alessandro Nesta
* Angelo Peruzzi
* Aron Winter
* Bernardo Corradi
* Claudio López
* Christian Vieri
* Serbia Darko Kovačević
* Serbia Dejan Stankovic
* Diego Simeone
* Fernando Couto
* Gaizka Mendieta
* Giuseppe Signori
* Goran Pandev
* Hernan Crespo
* Jaap Stam
* Juan Sebastian Veron
* Karel Poborsky
* Luca Marchegiani
* Marcelo Salas
* Massimo Oddo
* Mauro Tassotti
* Michael Laudrup
* Nestor Sensini
* Ousmane Dabo
* Paolo Di Canio
* Paul Gascoigne
* Pavel Nedved
* Roberto Mancini
* Sérgio Conceição
* Serbia Sinisa Mihajlovic
* Stefano Fiore
* Tommaso Rocchi
* Valon Behrami
* Fernando Muslera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar